Tugas Panel AMF ATS Pada Genset

Apa itu panel AMF ATS? panel ini merupakan panel otomatis yang bisa ditemukan pada genset. Keberadaan panel ini mampu melengkapi instalasi yang ada pada genset. AMF ATS memang saling berhubungan satu sama lain. Dalam menjalankan tugasnya AMF dan ATS saling membutuhkan untuk bisa beroperasi secara maksimal.

AMF atau Automatic Main Failure akan beroperasi seblum ATS. Sedangkan ATS atau Automatic Transfer Switch akan beroprasi setelah AMF menyelesaikan tugasnya. AMF dan ATS ada di dalam genset untuk memudahkan dalam proses penggunaan genset tersebut tanpa harus melakukannya secara manual. Memang tidak semua gensent menggunakan AMF ATS. Panel ini biasanya di temukan pada genset yang menggunakan sistem kontrol secara digital.

Apa tugas dari AMF ATS? Sebelum mengetahui tugas dari AMF ATS perlu kita ketahui bahwa saat ini kebutuhan genset sangat penting dalam menyediakan listrik cadangan. Listrik PLN bisa padam kapan saja, hal tersebut tentu membuat sumber daya listrik sulit di dapatkan. Namun dengan adanya genset membuat listrik bisa dengan mudah di dapatkan ketika listrik PLN padam. Lalu apa hubungannya antara AMF ATS dengan listrik PLN?

AMF ATS sangat berhubungan erat dengan terputusnya listrik PLN. Jika biasaya pengguna genset harus menyiapkan mesin genset secara manual ketika listrik mati maka berbeda dengan genset yang dilengkapai dengan panel AMF ATS terbaik. Genset yang menggunakan panel tersebut bisa mempersiapkan mesin genset secara otomatis ketika listrik mati. Hal tersebut membuat penggunaan mesin genset bisa dilakukan dengan mudah. Listrik akan selalu tersedia jika menggunakan panel ATS AMF pada genset tersebut.

Apakah tugas dari panel tersebut? AMF akan langsung bekerja ketika listrik PLN terputus. AMF akan menyalakan mesin genset dan mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk beralih menerima beban. Genset akan menyala secara otomatis tanpa barus berusah payah menghidupkan genset. Tugas AMF hanya sampai pada persiapan mesin genset saja selebihnya akan diserahkan kepada ATS. Setelah mesin genset siap menerima beban maka ATS akan segera mengambil alih tugas AMF.

Itulah tugas dari AMF pada mesin genset. Setelah selesainya tugas AMF maka ATS akan secara otomatis meneruskan tugas yang belum selesai. Tugas yang belum terselesaikan adalah menyalurkan listrik pada genset menuju ke berbagai saluran listrik yang ada di ruangan atau gedung tersebut. Apakah tugas ATS hanya sampai disitu saja? Tentunya tidak. Tugas ATS masih berlanjut hingga listrik dari PLN bisa digunakan kembali. Ketika listrik PLN hidup secara otomatis ATS akan memutus hubungan listrik dari genset dan menghubungkan listrik menggunakan PLN. Proses penggantian tersebut dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu menunggu setiap saat di dekat mesin genset. Itulah tugas dari AMF ATS yang ada pada mesin genset.

Tugas panel AMF ATS memang sangat menguntungkan. Walaupun genset bisa digunakan secara otomatis namun tetap saja harus ada operator yang memantaunya. Secanggih – canggihnya sebuah mesin akan tetap membutuhkan tenaga manusia untuk perawatannya. Keberadaan operator manual tidaklah tergantikan dengan adanya panel tersebut. Tugas operator akan menjadi lebih mudah tanpa harus berjaga setiap saat ketika listrik mati namun hanya menjalankan tugas perawatan mesin saja. Keberadaan AMF ATS mampu membuat genset on dan off secara otomatis setiap saat. Penjelasan di atas menunjukan bahwa saat ini mesin genset hadir lebih canggih dan wajib untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *