Memilih Mesin Genset 1 Phase yang Baik

Untuk menaggulangi arus listrik yang terputus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin genset. Mesini ini juga sering disebut dengan nama generator set. Mesin ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sebagai contoh, mesin genset silent dan genset open. Perbedaan kedua mesin genset tersebut adalah adanya desain penutup atau kanopi pada genset. Kanopi merupakan bagian dari genset silent sehingga, suara yang dihasilkan oleh genset silent menjadi lebih kecil dibandingkan dengan genset open. Selain itu, genset juga bisa dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan seperti bahan bakar bensin, gas, dan solar. Mesin genset juga bisa dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan jumlah fase yang digunakan yaitu 1 phase dan 3 phase. Masyarakat sering menggunakan genset 1 phase karena menghasilkan daya listrik yang sesuai dan peforma lainnya yang bagus.

Mesin genset 1 phase terbaik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mesin genset 3 phase. Salah satunya adalah tegangan yang digunakan rendah yaitu 220 V. Sedangkan mesin genset 3 phase menggunakan tegangan sebesar 380 V. Kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin genset dengan sistem 1 phase adalah nilai Cosphi sebesar 1. Hal ini membuat nilai daya yang tertera pada generator adalah sama dengan daya yang dikeluarkan. Sedangkan pada genset 3 phase, nila dayanya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu Daya Nyata, Daya Aktif, dan Daya Reaktif. Akan tetapi, mesin genset yang menggunakan sistem 1 phase juga memiliki kekurangan yaitu kapasitas daya listrik yang dihasilkan terbatas. Hal ini dikarenakan hanya ada satu kabel Volt yang digunakan. Sehingga, daya produksi litsrik sesuai dengan daya generator.

Mesin genset 1 phase dapat ditemukan dalam berbagai macam merek genset. Masyarakat bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, Genset Silent Diesel Winpower 10.000 Watt – 1 Phase; Generator Rumah. Seperti namanya, genset ini bisa digunakan sebagai genset rumah tangga. Hal ini dikarenakan kapasitas daya listrik yang dihasilkan adalah sebesar 10.000 Watt yang cukup untuk memenuhi pasokan listrik di sebuah rumah. Selain itu, genset ini juga didukung dengan sistem 1 phase sehingga daya listrik yang dihasilkan benar – benar 1000 W. Genset ini juga merupakan sebuah genset dengan tipe silent yang mengeluarkan suara tidak terlalu keras. AC Voltage yang digunakan pada genset ini adalah 220 V. Alternator yang ada pada mesin genset ini adalah 100% gulungan tembaga. Sedangkan sistem penyalaan yang digunakan adalah Electric Starter. Ukuran dari mesin genset ini adalah 1,3 m x 0,9 m x 0,86 m. Genset ini memiliki berat sebesar 380 kg.

Mesin genset lain yang menggunakan sistem 1 phase adalah Genset Silent Bremen Generator 1phase 220V. Genste ini juga memiliki tipe silent sehingga suara yang dihasilkan tidak akan mengganggu. Selain itu, sistem 1 phase yang digunakan membuat genset ini membutuhkan AC Voltage sebesar 220 V. Mesin genset ini juga dilengkapi dengan FAW Engine dan Taneko Alternator untuk menunjang peforma mesin genset menjadi lebih baik. Selain itu, panel control yang digunakan adalah Deepsea 4620. Sedangkan frequency yang digunakan adalah 50 Hz. Kecepatan putaran dari genset silent Bremen ini adalah 1500 rpm. Mesin genset ini memiliki berat kira – kira 700 kg. Sehingga, genset ini harus disimpan secara hat- hati atau ditempatkan pada suatu ruangan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *