Genset 80 KVA dengan Mesin Cummins dan Perkins


Genset sudah hadir dengan kapasitas atau daya output yang berbeda-beda. Bahkan, opsi yang ada sekarang pun semakin banyak seiring perkembangan teknologi yang ada dan juga semakin beragamnya kebutuhan dan permintaan akan genset di masyarakat. Dari segi kapasitas, setidaknya ada dua pembagian umum, yaitu genset untuk rumah tangga dan sektor kecil serta genset untuk bisnis dan bangunan yang lebih besar. Sudah pasti, kelas seperti genset 80 kva akan digunakan di bangunan-bangunan bertingkat atau perkantoran dan bahkan sektor industri.

Kapasitas 80 kva memang sudah cukup besar, dan pastinya ini akan melebihi apa yang diperlukan untuk suatu rumah. Namun, output tersebut bukanlah yang paling besar karena banyak juga variasi genset lain dengan kapasitas di atas 100 kva. Di kelas genset 80 kva, ada beberapa produk yang bisa menjadi pertimbangan. Masing-masing rekomendasi berikut mempunyai konstruksi mesin yang berbeda-beda. Untuk yang pertama, ada genset yang menggunakan mesin dari Cummins. Kode modelnya adalah ht 80 CD. Produk berikut ditenagai mesin dengan empat silinder guna memberikan performa yang lebih tangguh dan stabil walau digunakan di full load dan dengan durasi yang lama. Di unit genset 80 kva tersebut, sudah ada tangki dengan kapasitas bahan bakar 120 liter, dan konsumsi per jamnya mencapai 17 liter.

Opsi kedua yang tak kalah menarik adalah produk genset yang menggunakan mesin dari Perkins. Sama halnya dengan Cummins, Perkins merupakan salah satu brand genset ternama di dunia, dan produknya sudah sangat populer. Untuk produk genset 80 kva berikut, modelnya adalah HT 80 P. Sama halnya dengan rekomendasi sebelumnya, produk ini menggunakan mesin dengan empat silinder dengan daya maksimal di 64 kilowatt. Namun, kapasitas tangki bahan bakarnya lebih kecil karena volume maksimalnya hanya mencapai 100 liter. Sedangkan, konsumsi bahan bakarnya justru sedikit lebih tinggi karena bisa mencapai 18 liter per jamnya.

Selain produk genset 80 kva dengan mesin Cummins dan Perkins, masih ada opsi produk lainnya. Kedua produk yang disebutkan merupakan tipe silent sehingga ada peredam yang telah ditambahkan. Alternatifnya tentu adalah genset open yang bisa lebih murah walau suaranya memang bisa cukup berisik. Bahkan kalaupun ternyata kapasitas yang diperlukan tidak sampai 80 kva, ada opsi lain dengan output di kisaran 72 kva dan opsi lainnya.