5 Tips Mudah Merawat Genset Mini Agar Berusia Panjang

Semakin berkembangnya teknologi, maka peralatan yang dulunya berukuran besar contohnya seperti CPU komputer sekarang menjadi lebih kecil. Begitu juga dengan genset yang saat ini tersedia tidak hanya yang berukuran besar saja namun banyak juga tersedia genset mini.

Generator set adalah alat yang dapat digunakan untuk mensuplai listrik baik kebutuhan rumah tangga, industri, rumah sakit dan lain sebagainya. peralatan ini memang bukanlah alat yang digunakan secara primer atau setiap hari, namun jika listrik PLN mati alat ini sangat dibutuhkan khususnya bagi industri dan terutama rumah sakit yang mungkin beberapa peralatan membutuhkan suplai listrik selama 24 jam.

Selain itu saat ini mungkin sebagian besar orang tidak dapat melakukan aktivitas tanpa adanya listrik. Dimana semua kegiatannya membutuhkan listrik misal seorang yang bekerja dengan laptop, jika listrik mati dalam jangka waktu yang lama sedangkan laptop harus di charge, maka solusinya adalah dengan mengandalkan daya listrik dari generator set atau genset.

Karena bukanlah barang primer, maka harga genset cukup mahal sehingga jika tidak terlalu membutuhkan maka konsumen tidak akan membelinya. Namun bagi konsumen yang sudah mempunyai alat penyuplai listrik ini, pastikan Anda menggunakannya dengan sebaik mungkin dan juga jangan lupa untuk senantiasa merawatnya dengan baik. Berikut ini adalah tips merawat genset mini, agar berusia panjang:

  • Operasikan genset dengan benar

Setiap membeli genset sudah pasti terdapat buku petunjuk cara penggunaannya. Sebelum menggunakan genset tersebut sebaiknya Anda membaca dan memahami lebih dulu buku petunjuk tersebut. alangkah lebih baik jika Anda membaca sambil mempraktekannya pada genset baru Anda.

Meskipun pembelian genset dilengkapi dengan kartu garansi, namun sebaiknya Anda menggunakan genset tersebut sesuai buku petunjuk atau prosedur dan jangan terlalu mengandalkan kartu garansi. Dengan demikian maka genset Anda akan berusia lebih panjang atau tahan lama.

  • Simpan genset pada tempat yang tepat

Sebelum membeli genset sebaiknya Anda memperhatikan dimana akan meletakkan genset ketika digunakan dan setelah digunakan. Dimana hal ini sangat penting untuk menjaga agar genset tetap awet.

Sebaiknya letakkan genset di tempat yang terlindung dari air hujan dan juga panas saat genset dioperasikan. Namun jangan letakkan genset pada ruangan tertutup, karena tidak dapat dipungkiri genset mengeluarkan polusi udara yang berbahaya.

Sedangkan jika menyimpan genset setelah selesai digunakan, jangan sampai meletakkannya di tempat yang kotor dan rawan hewan pengerat seperti tikus. Dimana genset mempunyai sistem kelistrikan yang terdapat kabel. Jika dimakan tikus tentu saja genset tidak akan dapat bekerja.

  • Cek kabel dan juga kebersihan genset secara rutin

Meskipun tidak digunakan alangkah lebih baik jika pengecekan genset dilakukan secara rutin dan sesering mungkin. Pengecekan dilakukan terutama pada sistem kelistrikan yaitu kabel-kabel yang menghubungkan satu komponen dengan yang lainnya. selain itu membersihkan genset dengan rutin juga perlu dilakukan. Dengan rajin melakukan perawatan kebersihan dan juga melakukan pengecekan bagian kelistrikan genset, maka saat dibutuhkan genset kemungkinan besar langsung dapat digunakan.

  • Pastikan tangki bahan bakar selalu terisi

Meskipun sepele namun ini sangat penting dan juga mempengaruhi usia genset yang Anda miliki yaitu pada bagian tangki bahan bakar. penting untuk diperhatikan yaitu jangan sampai tangki bahan bakar dalam keadaan kosong seharipun meskipun genset sedang tidak digunakan. Selain itu dengan memanaskan mesin genset mini secara berkala akan membuat genset jauh lebih awet dibandingkan jika tidak dilakukan pemanasan mesin sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *