Manfaat Panel AMF ATS Dalam Sambungan Genset

Rangkain kontrol panel AMF ATS terbaik dalam genset memiliki peranan yang cukup penting. Tanpa adanya kedua komponen atau panel penyusun ini, koneksi genset dan beberapa mesin listrik lainnya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih ketika genset Anda gunakan sebagai sumber daya listrik secara nonstop 24 jam, maka peran kedua panel ini sangatlah penting. Oleh sebab itu, penting untuk diketahui mrngenai masing-masing panel, baik itu AMF ataupun ATS sebagai salah satu komponen penghubung genset. Pertama yakni rangkaian panel ATS yaitu suatu alat yang dapat mrmindahkan aliran atau daya listrik dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Keberadaan panel ini dirancang dengan tujuan agar dapat melakukan sebuah prkerjaan secara otomatis tanpa menunggu adanya perintah dari manusia. Perancangannya juga bisa disesuaikan dengan inti atau sistem yang akan Anda jalankan. Kemunculan panel ATS ini masih terus dikembangkan guna meminimalisir penggunaan tenaga manusia di berbagai bidang kehidupan, sama halnya dengan panel AMF yang dapat menghentikan suplai istrik secara otomatis.

Selanjutnya mengenai manfaat yang akan diperoleh ketika memasang panel ATS dalam beberapa perangkat listrik Anda yakni mampu menggantikan atau memindahkan aliran listrik dari saluran utama menuju saluran cadangan ketika sedang terjadi gangguan atau perbaikan. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki peralatan yang notabene akan terhenti tanpa aliran listrik karena penggunaan panel ATS bisa mengganti aliran listruk secara otomatis. Hal ini akan terjadi ketika sambungan listrik utama Anda mati maka ATS mampu meneruskan ke dalam daya cadangan yang telah dipersiapakan. Adapun berikut imi ialah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat panel ATS:

  1. Panel ATS mampu memerintahkan genset secara otomatis ketika sambungan listrik utama padam atau mengalami gangguan. Oleh sebab itu, penggunaan alat ini dinilai sangatlah membantu dalam rangka mengurangi kerugian terhadap pemakain barang-barang listrik. Disamping itu, Anda juga bisa menghemat waktu tanpa harus kerepotan menyalakn genset ketika saluran utama listrik mati.
  2. Disamping mode otomatis yang bisa dijalankan, panel ATS juga bisa dijalankan dengan mode manual. Dengan kata lain, penggunaannya tidak selalu secara otomatis, Anda juga bisa mengaturnya secara manual. Kedua cara ini dinilai memiliki keuntungan tersendiri bagi pemakainya sehingga Anda bisa memilih manakah mode panel ATS yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.
  3. Mampu menjadi salah satu solusi praktis dalam kondisi darurat. Keberadaan panel ATS sangatlah berperan ketika Anda berada dalam kondisi yang mengharuskan listrik menyala secara 24 jam, seperti misalnya dalam kawasan pabrik atau industri dengan mesin-mesin berat. Oleh sebab itu, penggunaan panel ATS ini sangatlah penting mengingat terputusnya listrik utama secara tiba-tiba bisa menimbukam kerugian bagi proses produksinya.

Itulah ke-3 manfaat penggunaan Panel ATS dalam genset yang kini menjadi salah satu mesin popular di kalangan masyarakat, khususnya dalam membantu memberikan suplai listrik cadangan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Beberapa manfaat di atas secara umum memiliki kesamaan dengan panel AMF yakni sama-sama otomatis, hanya saja AMF berfungsi sebagai panel pemutus. Dengan demikian, Panel AMF ATS merupakan kedua panel utama dalam sambungan genset yang dapat bekerja secara otomatis untuk menghidupkan genset ataupun mematikan genset ketika sudah tidak diperlukan lagi. Sama seperti namanya yakni panel ATS  (Automatic Transfer Switch) dan AMF (Automatic Main Failure). Maka, kedua komponen ini memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam rangka menghidupkan dan mematikan genset. Penggunaan genset pada saat ini menjadi lebih mudah dan mampu mengehmat waktu karena adanya panel AMF ATS ini, keberadaanya dinilai mampu mengurangi tingkat kerugian secara signifikan, meringankan tugas serta menghemat waktu.

Perbedaan Panel AMF ATS Pada Generator Set Atau Genset

Generator Set merupakan kepanjangan dari GS atau masyarakat sering menyebutnya dengan genset. Genset ini merupakan salah satu solusi pengganti listrik yang paling mudah dicari dan digunakan. Keberadaan Generator Set atau genset ini sudah sangat lumrah di zaman ini. Bahkan disetiap masing-masing rumah tangga sudah memakai alat ini. Alat pengganti listrik ini tidak murah dan dan juga tidak terlalu mahal. Namun, keberadaannya di tengah masyarakat sangat membantu aktivitas keseharian manusia. Dalam menjalankan mesin genset ini ada yang manual dan otomatis. Terdapat beberapa bangunan penting menggunakan genset otomatis ini yaitu rumah dakit, pusat perbelanjaan, dan juga sekolah. Genset tersusun dari beberapa panel. Panel AMF ATS ini dapat ditemukan pada mesin pengontol otomatis genset. Panel tersebut dapat dibedakan yaitu antara panel AMS maupun panel ATS. Perbedaan antara Panel AMF ATS antara lain :

  • Panel ATS

Automatic Tranfer Switch merupakan kepanjangan dari panel ATS. Panel jenis ini merupakan panel yang sangat pintar karena panel ini dibuat secara otomatis. Automatic Tranfer Switch (ATS) ini akan melakukan tugasnya ketika terjadi pemadaman listrik yang secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, jika listrik padam ketika listrik tidak kuat daya panel ini berfungsi otomatis tanpa kita atur. Pada dasarnya, panel ini bekerja secara otomatis dengan memindahkan pengambil sumber energi listrik ke sumber lain yaitu diesel ataupun Generator Set (genset). Secara singkat jenis panel ini menghubungkan sumber energi yang didapat dari genset untuk dialihkan ke beban gedung maupun bangunan. Apabila listrik yang dialirkan PLN ini sudah menyala, mesin ini secara otomatis menghentikan laju peralihan sumber dari genset. Dapat dikatakan dengan adanya panel jenis Automatic Tranfer Switch (ATS) ini membuat dan memudahkan kita dalam beraktivitas normal tanpa hadus ribet-ribet untuk menyalakan genset.

  • Panel AMF

Panel AMF ini merupakan singkatan dari Automatic Main Failure. Panel AMS ATS merupakan panel yang sama-sama mempunyai sistem panel yang otomatis dan biasanya dijuluki sebagai panel pintar. Namun bedanya, pada panel Automatic Main Failure atau AMS ini ia bekerja pada saat terjadi pemadaman listrik. Pemadaman listrik dari PLN ini akan dipantau oleh panel AMS dan juga data-data yang terdapat pada genset apakah genset sudah berhasil dinyalakan. Apabila sumber yang dari PLN ini sudah benar-benar tidak nyala atau mati barulah ia bekerja menyalakan mesin genset. Pada dasarnya panel AMS ini menyalakan genset lalu mengambil alih sumber energi yang dihasilkan genset untuk diteruskan ke panel ATS. Jadi secara singkatnya, panel ini bekerja mengantarkan sumber energi listrik ke panel ATS. Pada saat listrik menyalapun tugas panel AMS ini juga memantau apakah listrik PLN sudah benar-benar menyala dan teraliri. Sehingga dalam hal ini, panel jenis AMS ini dapat menghentikan laju operator pada genset.

Dari perbedaan yang sudah dipaparkan, Panel AMF ATS terbaik merupakan sebuah alat yang dijalankan secara otomatis sehingga banyak diterapkan pada genset masa kini. Menjalankan mesin ini tentunya dapat  memudahkan manusia pada saat listrik padam. Namun Panel AMS ATS ini bukan menggantikan operator dalam kegiatan pemeliharaan rutin. Disisi lain, walaupun pengoperasiannya secara otomatis kita juga harus melihat pemeliharaan yang bagus oleh operator sesekali. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui dan mengawasi fungsi dari genset yang kita gunakan bekerja secara maksimal serta membuat genset tetap berada dalam posisi primanya. Apabila hal tersebut dilakukan, daya yang dikeluarkan genset akan maksimal.

Memilih Mesin Genset 1 Phase yang Baik

Untuk menaggulangi arus listrik yang terputus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin genset. Mesini ini juga sering disebut dengan nama generator set. Mesin ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sebagai contoh, mesin genset silent dan genset open. Perbedaan kedua mesin genset tersebut adalah adanya desain penutup atau kanopi pada genset. Kanopi merupakan bagian dari genset silent sehingga, suara yang dihasilkan oleh genset silent menjadi lebih kecil dibandingkan dengan genset open. Selain itu, genset juga bisa dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan seperti bahan bakar bensin, gas, dan solar. Mesin genset juga bisa dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan jumlah fase yang digunakan yaitu 1 phase dan 3 phase. Masyarakat sering menggunakan genset 1 phase karena menghasilkan daya listrik yang sesuai dan peforma lainnya yang bagus.

Mesin genset 1 phase terbaik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mesin genset 3 phase. Salah satunya adalah tegangan yang digunakan rendah yaitu 220 V. Sedangkan mesin genset 3 phase menggunakan tegangan sebesar 380 V. Kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin genset dengan sistem 1 phase adalah nilai Cosphi sebesar 1. Hal ini membuat nilai daya yang tertera pada generator adalah sama dengan daya yang dikeluarkan. Sedangkan pada genset 3 phase, nila dayanya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu Daya Nyata, Daya Aktif, dan Daya Reaktif. Akan tetapi, mesin genset yang menggunakan sistem 1 phase juga memiliki kekurangan yaitu kapasitas daya listrik yang dihasilkan terbatas. Hal ini dikarenakan hanya ada satu kabel Volt yang digunakan. Sehingga, daya produksi litsrik sesuai dengan daya generator.

Mesin genset 1 phase dapat ditemukan dalam berbagai macam merek genset. Masyarakat bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, Genset Silent Diesel Winpower 10.000 Watt – 1 Phase; Generator Rumah. Seperti namanya, genset ini bisa digunakan sebagai genset rumah tangga. Hal ini dikarenakan kapasitas daya listrik yang dihasilkan adalah sebesar 10.000 Watt yang cukup untuk memenuhi pasokan listrik di sebuah rumah. Selain itu, genset ini juga didukung dengan sistem 1 phase sehingga daya listrik yang dihasilkan benar – benar 1000 W. Genset ini juga merupakan sebuah genset dengan tipe silent yang mengeluarkan suara tidak terlalu keras. AC Voltage yang digunakan pada genset ini adalah 220 V. Alternator yang ada pada mesin genset ini adalah 100% gulungan tembaga. Sedangkan sistem penyalaan yang digunakan adalah Electric Starter. Ukuran dari mesin genset ini adalah 1,3 m x 0,9 m x 0,86 m. Genset ini memiliki berat sebesar 380 kg.

Mesin genset lain yang menggunakan sistem 1 phase adalah Genset Silent Bremen Generator 1phase 220V. Genste ini juga memiliki tipe silent sehingga suara yang dihasilkan tidak akan mengganggu. Selain itu, sistem 1 phase yang digunakan membuat genset ini membutuhkan AC Voltage sebesar 220 V. Mesin genset ini juga dilengkapi dengan FAW Engine dan Taneko Alternator untuk menunjang peforma mesin genset menjadi lebih baik. Selain itu, panel control yang digunakan adalah Deepsea 4620. Sedangkan frequency yang digunakan adalah 50 Hz. Kecepatan putaran dari genset silent Bremen ini adalah 1500 rpm. Mesin genset ini memiliki berat kira – kira 700 kg. Sehingga, genset ini harus disimpan secara hat- hati atau ditempatkan pada suatu ruangan khusus.

Apa itu Genset 1 Phase?

Genset atau generator set merupakan sebuah mesin yang sering digunakan oleh masyarakat untuk memproduksi daya listrik tanpa terkoneksi dengan jaringan listrik dari PLN. Mesin genset ini sering digunakan saat ada acara indoor maupun outdoor. Selain itu, mesin genset juga seringkali dipasang di beberapa instansi yang memang membutuhkan listrik seperti universitas, rumah sakit, kantor pemerintah, industri, perusahaan, dll. Oleh karena itu, tingkat permintaan atas genset menjadi lebih banyak. Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu apa yang dimaksud dengan mesin genset dan bagaimana cara kerjanya. Secara umum, mesin genset dijalankan dengan menggunakan generator arus bolak balik ang sering dikenal sebagai Alternating Current atau AC. Generator inilah yang menjadi salah satu bagian dan konsep terpenting dari sebuah genset. Generator AC ini bisa dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan fase atau phase yang digunakan yaitu generator 1 phase dan generator 3 phase. Dari dua jenis tersebut, mesin genset 1 phase terbaik merupakan salah satu mesin genset yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Secara umum, mesin genset 1 phase dijalankan dengan dua kabel yang disebut dengan Kabel Netral dan Kabel Phase. Mesin generator dengan sistem 1 phase ini didesain dengan satu atau lebih kumparan yang disusun dengan menggunakan aturan seri. Mesin generator yang menggunakan sistem 1 phase biasanya memiliki tegangan keluaran atau output voltage. Besarnya voltage yang ada pada sistem 1 phase adalah 220 V. Mengapa bisa diukur 220 V? Hasil pengukuran tegangan 220 V ini merupakan sebuah selisih yang ada di antara Kabel Phase dan Kabel Netral. Sehingga, suatu keadaan dimana ketika tegangan netral yang ada di sistem 1 phase tidak memiliki nilai tegangan 0 Volt. Kedua kabel akan selalu memiliki selisih sebesar 220 V di setiap nilai tegangan. Sistem 1 phase ini digunakan di berbagai macam merek genset. Hal ini dikarenakan mesin genset dengan sistem 1 phase ini menghasilkan performa yang cukup baik. Sehingg, sering menjadi pilihan bagi masyarakat.

Salah satu contoh dari mesin genset 1 phase yang digunakan adalah Genset silent general 12kva 1 phase. Genset ini memiliki voltase sebesar 220 – 230 V. Daya listrik yang dihasilkan oleh genset ini adalah sebesar 12.800 Watt atau 12.800 VA. Model mesin yang digunakan adalah 4100D. Sedangkan alternator copy stamford yang digunakan adalah BC164D. Mesin genset ini menggunakan silinder berjumlah 4 buah. Genset inu merupakan salah satu contoh genset tipe silent yang menghasilkan suara yang lebih kecil. Berat dari mesin genset ini adalah sebesar 750 kg. Sedangkan ukuran genset tersebut adalah 2010 mm x 930 mm x 1100 mm. Harga jual genset ini juga cukup kompetitif dengan mesin genset yang lain. Produk genset lain yang juga menggunakan sistem 1 phase adalah Genset 5500 Watt – 7500 KVA 1 Phase SHINMEIHO JAPAN. Mesin genset ini dapat menghasilkan listrik hingga 5500 W. Selain itu, voltase yang dihasilkan adalah 220 V karena menggunakan sistem 1 phase. Bensin ini menggunakan solar sebagai bahan bakar dengan kapasitas tanki sebesar 25 L. Sedangkan lama pemakaian dalam keadaan 100% adalah 8,5 jam. Mesin genset ini memiliki tingkat kebisingan sebesar 75 dB. Sedangkan ukurannya adalah 710 mm x 539 mm x 560 mm. Berat dari mesin genset ini adalah 91 kg.

Genset Solar Sebagai Pilihan Terbaik Saat Mati Listrik

Saat ini, ketika terjadi pemadaman listrik, maka banyak aktivitas masyarakat seperti bekerja dan belajar akan terganggu. Hal ini dikarenakan listrik menjadi salah satu hal penggerak dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan listrik menjadi sangat penting. Akan tetapi, seringkali jaringan listrik yang mati akan membuat aktivitas masyarakat terhambat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika masyarakat berjaga – jaga dengan menggunakan genset. Mesin ini dibuat secara khusus untuk dapat menghasilkan daya listrik ketika diberikan bahan bakar yang sesuai. Ada beberapa tipe genset yang sering digunakan berdasarkan bahan bakarnya sepeti solar, bensin, dan gas. Dari beberapa tipe tersebut, genset solar terbaik merupakan salah satu genset yang paling sering digunakan karena berbagai macam kelebihannya.

Genset solar didesain dengan tanpa adanya busi. Sehingga, perangkat desain genset bahan bakar solar lebih sederhana dibandingkan dengan genset bahan bakar lain. Sehingga, mesin genset ini membutuhkan perawatan yang sederhana. Selain itu, ketiadaan api saat mesin genset dihidupkan sehingga akan lebih aman digunakan. Mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar juga dikenal memiliki kapasitas daya listrik yang lebih besar dan hemat energi. Sebagai contoh, untuk memproduksi daya listrik yang sama, genset dengan bahan bakar solar membutuhkan lebih sedikit volume solar dibandingkan genset dengan bahan bakar bensin. Hal ini secara tidak langsung berhubungan dengan pembiayaan yang menunjukkan genset bahan bakar solar lebih bernilai ekonomis. Kelebihan lain dari mesin genset ini adalah mesin diesel yang lebih tidak cepat panas. Sehingga, mesin genset dengan bahan bakar solar lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, mesin genset dengan bahan bakar solar juga memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan dengan mesin genset bahan bakar lain.

Untuk memilih mesin genset solar yang sesuai, masyarakat juga perlu menentukan beberapa hal seperti tipe genset. Secara umum, tipe genset dapat dibedakan menjadi dua yaitu tipe silent dan open. Genset diesel tipe silent dijual lebih mahal dibandingkan dengan genset diesel tipe open. Mengapa? Genset diesel tipe silent menawarkan peforma yang lebih baik dan juga suara yang lebih halus. Sehingga, harganya lebih mahal. Selain mempertimbangkan tipe genset, masyarakat juga perlu mempertimbangkan daya kapasitas listrik yang ingin digunakan. Semakin besar kapasitas daya listrik yang dihasilkan maka semakin mahal pula mesin genset yang dijual. Oleh karena itu, masyarakat perlu menyesuaikannya dengan dana yang dipunya serta kapasitas listrik yang dibutuhkan. Ada banyak merek genset diesel yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah Genset Silent Diesel 5000 watt – Matrix MT6800S. Mesin genset ini menggunakan temperatur oli sebagai indikator. Sedangkan bahan bakar yang digunakan adalah solar. Kapasitas tangki solar yang ada di mesin genset diesel ini adalah 40 L. Mesin genset ini akan menghabiskan sekitar 1.75 L / Jam untuk menghasilkan daya listrik sebesar 5000 Watt. Kapasitas oli yang dimiliki oleh mesin genset ini adalah 1.65 L. Sedangkan baterai yang digunakan adalah 12 V dengan aki 35 AmH. Mesin genset ini memiliki berat sebesar 175 kg. Sedangkan ukuran genset ini adalah 98 cm x 61 cm x 75 cm. Sistem starting yang digunakan adalah starter. Mesin genset ini layak dijadikan sebagai salah satu pilihan.