Keunggulan dan kekurangan yang dimiliki genset 3 phase

Di zaman yang sangat berkembang pesat akan teknologinya, generator set atau sangat popular dengan sebutan genset ini merupakan salah satu alat alternative listrik terbaik yang digunakan oleh masyarakat. Genset sangat sering kita jumpai diberbagai toko-toko, perusahaan besar, pusat perbelanjaan, maupun rumah tangga. Hal ini membuat genset sebagai jalan pintas terbaik pengganti listrik yang sangat nyaman digunakan. Masyarakat milinial ini sudah banyak yang menggunakan genset untuk memenuhi kebtuhan pribadinya. Keperluan akan listrik yang digunakan dimasing-masing rumah tangga tentunya beragam. Terlebih lagi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan  seperti kebutuhan watt yang besar dan pemadaman listrik yang sangat lama sehingga genset ini dapat digunakan sebagaimana fungsinya. Terdapat dua tipe mesin genset yaitu genset 3 phase dan 1 phase. Generator arus bolak balik jenis ini mempunyai banyak kelebihan namun juga mempunyai kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari mesin generator arus bolak balik 3 phase antara lain :

Kelebihan genset 3 phase

  • Daya yang besar

Daya yang terdapat pada mesin generator arus bolak balik 3 phase ini memiliki daya yang lebih besar jika dibandingkan dengan phase satu. hal ini dikarenakan tipe phase ini memiliki 3 jenis kabel. Apabila kita membutuhkan daya yang besar, biasanya pihak dari PLN ini akan menganjurkan kita untuk memakai tipe arus bolak balik 3 phase ini.

  • Tinggnya efisiensi

Apabila terjadi lonjakan daya yang terjadi di rumah kita, jenis genset 3 phase terbaik ini sangat mengimbangi kita dan sangat membantu. Hal ini dikarenakan phase ini saling mengimbangi dan bekerja sama agar menjadi seimbang. Namun hal ini berbeda dengan tipe 1 phase. Jenis generator arus bolak balik 1 phase tersebut hanya memiliki satu kabel. Apabila kabel tersebut memiliki lonjakan daya, tentunya tidak ada yang membantu untuk mengimbanginya.

  • Fleksibel

Tipe generator arus listrik bolak balik atau genset 3 phase ini memiliki 3 kabel sehingga ia mampu memberikan energi listrik lebih dari dua rumah. Volt dan tegangan yang digunakan tipe jenis ini yaitu 3x lebih banyak dayanya sehingga hasil yang diberikan yaitu mencapai 381 volt namun kita sering menyebutnya dengan 380 volt. Tidak hanya itu, genset ini juga bisa dengan menggunakan daya 220 volt tergantung dengan kebutuhan akan listrik kita. Tentunya, hal ini sangat berbeda ketika kita menggunakan genset 1 phase.

  • Tingkat kerusakan

Peluang kerusakan yang dimiliki genset ini sangat rendah. Hal ini dikarenakan genset memiliki 3 kabel. Apabila kabel satu mengalami masalah, genset 3 phase ini masih memiliki 2 kabel yang berfungsi. Namun, hasil daya yang dihasilkan tentu tidak semaksimal dengan yang menggunakan 3 kabel tersebut.

Kekurangan genset 3 phase

  • Mahal

Harga genset jenis phase ini bila dibandingkan dengan phase 1 memang mahal namun kualitas yang ditawarkan dan daya yang dihasilkan tentunya sangat berbeda. Kapasitas daya yang dihasilkan ini bisa tiga kali lipat dari mesin genset 1 phase.

  • Designnya besar

Dalam hal ini tentunya kita akan mempertimbangkan jenis genset ini karena memiliki bentuk yang besar. Dengan design yang seperti itu tentunya akan memakan banyak tempat. Tidak hanya itu, genset 3 phase ini tentunya sangat berat apabila dibandingkan dengan 1 phase.

Melihat kekurangan dan kelebihan dari genset 3 phase ini dapat kita jadikan sebagai bahan pertimbangan. Dalam memakai genset tentunya kita juga harus memperhatikan kebutuhan akan listrik kita. Hal ini dilakukan agar kita dapat menghemat biaya pengeluaran kita.